LIFTING & RIGGING (Part 2)

SISTEM KESELAMATAN CRANE





  • Counterweight sebagai penyeimbang pesawat crane saat melakukan pengangkatan dan pemindahan beban.
  • Outrigger yaitu suatu perangkat yang menentukan bahwa crane berdiri lurus (tidak miring) untuk crane mobil di daratan.
  • Klakson/bel sebagai perangkat tanda bahaya.
  • Stopper and Break: boom stopper, swing brake, rem untuk parkir.
  • Boom Angle Indicator yaitu sebagai indikator sudut panjang lengan pesawat crane.


PERENCANAAN OPERASI PENGANGKATAN :
  1. Pengetahuan mengenai berat beban yang akan diangkat.
  2. Pemilihan dan penentuan Pesawat Angkat.
  3. Radius pengangkatan, sudut & panjang lengan pesawat angkat.
  4. Penggunaan alat bantu pengangkatan.
  5. Penentuan titik berat beban yang akan diangkat.
  6. Pertimbangkan faktor-faktor: gerakan mendadak pada crane, kecepatan angin, bahaya listrik/petir.


PENENTUAN BERAT BEBAN
Informasi berat beban :
  • Surat pengiriman barang (cargo manifest).
  • Informasi pemilik barang.
  • Label dan simbol pada kemasan atau barang.

RULE OF THUMB

Penambahan 10% (US standard) atau 25% (UK standard) terhadap perkiraan berat beban (safety factor)




MENENTUKAN TITIK BERAT & KESEIMBANGAN BEBAN

Keseimbangan pada suatu operasi pengangkatan, dipengaruhi oleh beberapa faktor sebagai berikut :
q  Penggunaan pesawat angkat lebih dari satu dengan kapasitas yang berbeda untuk mengangkat suatu beban. (Dalam hal ini perlu diperhatikan distribusi beban pada masing-masing pesawat angkat).
q  Kemampuan masing-masing tali yang terpasang pada sebuah pancing/hook (untuk mencegah kelebihan beban).

q  Penempatan pengikatan (lifting point) pada suatu beban agar distribusi beban merata pada semua titik (mencegah kerusakan beban). 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar