- Counterweight sebagai penyeimbang pesawat
crane saat melakukan pengangkatan dan pemindahan beban.
- Outrigger yaitu suatu perangkat yang
menentukan bahwa crane berdiri lurus (tidak miring) untuk crane mobil di daratan.
- Klakson/bel sebagai perangkat tanda bahaya.
- Stopper and Break: boom stopper, swing brake, rem untuk parkir.
- Boom Angle Indicator yaitu sebagai indikator sudut
panjang lengan pesawat crane.
- Pengetahuan
mengenai berat beban yang akan diangkat.
- Pemilihan
dan penentuan Pesawat Angkat.
- Radius pengangkatan, sudut & panjang lengan
pesawat angkat.
- Penggunaan
alat bantu pengangkatan.
- Penentuan
titik berat beban yang akan diangkat.
- Pertimbangkan faktor-faktor: gerakan mendadak pada crane, kecepatan angin, bahaya listrik/petir.
PENENTUAN BERAT BEBAN
Informasi berat beban :
- Surat
pengiriman barang (cargo manifest).
- Informasi
pemilik barang.
- Label dan simbol pada kemasan atau barang.
RULE OF THUMB
Penambahan
10% (US standard) atau
25% (UK standard) terhadap perkiraan berat beban (safety factor).
MENENTUKAN TITIK BERAT &
KESEIMBANGAN BEBAN
Keseimbangan pada suatu operasi pengangkatan, dipengaruhi oleh beberapa faktor
sebagai berikut :
q Penggunaan pesawat angkat lebih dari
satu dengan kapasitas yang berbeda untuk mengangkat suatu beban. (Dalam
hal ini perlu diperhatikan distribusi beban pada
masing-masing pesawat angkat).
q Kemampuan masing-masing tali yang
terpasang pada sebuah pancing/hook (untuk mencegah kelebihan beban).
q Penempatan
pengikatan (lifting point) pada suatu beban agar distribusi beban merata
pada semua titik (mencegah kerusakan beban).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar