HSE
Hazardous Area
1.       Mengenalkan apa yang dimakud dengan daerah berbahaya
2.       Dengan pengenalan itu diharapkan ada pengembangan dan peningkatan kewaspadaan terhadap bahaya, sekaligus merupakan peningkatan usaha pencegahan kerugian akibat kebakaran ?
3.       Meningkatkan dan memperkaya wawasan dalam pencegahan kebakaran ?
Definisi :
Daerah berbahaya  (hazardous area) :
Setiap area dimana ada kecenderungan/kemungkinan besar kepada ancaman kebakaran atau ada peledakan akibat terbakarnya gas, uap atau butiran-butiran minyak.

Topic  bahasan :
1.       Potensi  bahaya
Bahaya-bahaya yang menyatu dalam hazardous area adalah flammable gases maupun maupun liquid. Missal HC bila diberi api akan terbakar atau meledak.
Flammable limit
Suatu campuran gas dan udara
2.       Sumber pengapian
3.       Klasifikasi zone
4.       Peralatan yang dilindungi
5.       System deteksi
6.       System perlindungan
7.       Praktek kerja yang aman
8.       Ringkasan

Inspeksi atau pemeriksaan adalah suatu kegiatan pembuktian sejauh mana kondisi tempat kerja masih memenuhi ketentuan  & persyaratan K3.
Persuasi adalah cara penyuluhan & pendekatan di bidang K3, bukan melalui penerapan & pemaksaan  melalui sanksi-sanksi.
SCBA (Self Contained Breathing Apparatus)
SCBA yaitu alat yang dipakai oleh petugas rescue, fire fighting, atau atau yang lainnya untuk memberikan bantuan udara di dalam situasi atmosfir yang IDLH.
IDLH adalah singkatan dari Immediately Dangerous To Life or Health, yang menurut NIOSH adalah pemaparan terhadap kontaminan di udara yang mungkin bisa menyebabkan kematian atau efek samping  kesehatan permanen

SCBA adalah respirator portable yang memiliki sumber tabung udara sendiri yang dibawa oleh operator repirator.
Perbedaan Accident, incident, dan near miss
-          Accident akan menyebabkan kerugian-kerugian. Accident dapat terjadi pada apa saja termasuk manusia.Sebagaimana kejadian suatu penyakit akibat kerja, accident merupakan hasil dari serangkayan kejadian. Sebab-sebab suatu kecelakaan dapat dibagi sebagai: Pertama, penyebab langsung dimana ia sangat dekat hubungannya dengan kejadian accident; kedua, penyebab tidak langsung, dan ketiga, penyebab dasar.
Defini accident dan Incident
-          Accident adalah suatu kejadian yang tidak dapat diduga yang sering berakibat kepada cedera, kerugian lainnya.
-          Definisi lain dari accident adalah kejadian yang merupakan hasil dari serangkaian kejadian yang tidak direncanakan / diinginkan / tak terkendali / tak terduga yang dapat menimbulkan segala bentuk kerugian baik materi maupun non materi baik yang menimpa diri manusia, benda-benda fisik berupa kekayaan atau aset, lingkungan hidup, masyarakat luas. (Satrya,2005)

-          Incient  adalah mirip dengan accident, namun bedanya adalah incident tidak disertai dengan kerugian. Yang termasuk kategori incident adalah nearmiss dan kejadian-kejadian berbahaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar